Saturday, April 20, 2013

Suzuki Folkmaster

Anda ingin mulai belajar bermain harmonika diatonik, dan sedang mencari harmonika untuk pemula, tetapi terbentur masalah dana? Katakanlah, Anda hanya mempunyai dana maksimal sejumlah Rp. 100.00,00…
Nah, mungkin ada satu jenis harmonika yang layak Anda coba. Namanya adalah : Suzuki Folkmaster (kode : 1072).  Folkmaster adalah tipe harmonika keluaran Suzuki yang termasuk dalam kelas “entry level”.  Harmonika tipe ini relatif mudah ditemukan.  Kalau di kota Anda ada toko buku Gramedia, biasanya di toko tersebut juga terdapat gerai MG Sport & Music, yang menyediakan alat-alat olah raga dan musik. Biasanya, Suzuki Folkmaster dijual di gerai semacam itu. Harga terakhir yang saya tahu (sekitar awal tahun 2013)    adalah        Rp. 75.000,00. Berikut ini saya ingin berbagi mengenai harmonika tipe ini, berdasarkan pengalaman saya memiliki dan memainkannya selama ini.

Suzuki Folkmaster  dijual lengkap dengan kotak penyimpan yang terbuat dari plastik berwarna coklat. Harmonika ini memiliki bentuk yang mengacu pada harmonika-harmonika diatonik klasik. Comb nya terbuat dari plastik, dan cover plate nya dihiasi dengan ukir-ukiran yang semakin mempertegas kesan klasik tersebut. Reed plate yang dimiliki oleh Folkmaster tidak tertutup penuh oleh cover plate dan comb nya. Tepian bagian depan dibiarkan “nongol” keluar. Bagi Anda yang baru pertama kali memainkan harmonika, mungkin akan merasakan sebuah sensasi aneh saat mulut Anda bersinggungan dengan harmonika tersebut. Sensasi yang saya maksud adalah, rasa dan aroma logam yang sangat kentara di mulut Anda. Yah, menurut pengalaman saya sih, begitu. Mungkin karena tepian reed plate yang terbuat dari kuningan itu cenderung menjorok keluar. .Menurut saya juga, struktur dan desain seperti itu akan mudah membuat bibir Anda terasa kurang nyaman, atau kalau boleh dikatakan secara humor, harmonika ini mudah membuat bibir Anda menjadi “jontor”…hahahahha….

Soal kualitas suara, desain cover plate bagian belakang yang cenderung membuka, lumayan dapat menghasilkan volume suara yang keras. Yah, tergantung cara memainkannya juga sih...! Tetapi dengan teknik yang benar, harmonika ini dapat menghasilkan suara yang keras.

Kembali kepada desain dan struktur reed plate, bagi saya Suzuki Folkmaster mempunyai airtightness yang kurang baik. Kalau Anda bongkar dalamnya, dapat Anda lihat bahwa comb nya sangat mirip dengan bentuk sisir, alias bagian depannya memang terbuka. Ditambah lagi reed plate yang terpasang diatas comb dan tepiannya cenderung keluar, membuat udara masih bisa menerobos. Akibatnya, bila Anda adalah seorang pemula dan sedang mempelajari teknik Bending, menurut saya Suzuki Folkmaster akan  membuat Anda cukup kerepotan. Tetapi itu juga tergantung kemampuan dan keteguhan hati si pemain…hehehehe….Jadi  jangan lantas menyerah!

Pada akhirnya, Suzuki Folkmaster, sebagai harmonika berharga di bawah  Rp. 100.000,00, tak serta merta mengecewakan. Yang pasti, Suzuki sebagai salah satu produsen harmonika terkemuka di dunia,  tak perlu diragukan lagi konsistensinya dalam menjaga kualitas, kerapian dan tingkat akurasi dari setiap produknya. Tak terkecuali  tipe Folkmaster. Kerapian dan akurasi pemasangan setiap reed sangat terjamin. Jadi, tak ada salahnya juga bila Anda berniat mulai belajar harmonika diatonik dengan menggunakan Suzuki Folkmaster tersebut.
Jangan cuma dengarkan apa yang saya katakan! Silakan coba sendiri...xixixix....
Selamat mencoba!

95 comments:

  1. Mantepan mana bang ama easy rider?? Saya bingung mau beli yg mna?? Tolong sarannya bang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas Akbar Alatas, kalau menurut saya, dari segi volume suara, lebih keras Folkmaster. Ini disebabkan karena bukaan belakang coverplate nya lebih "mangap" dibanding milik EasyRider.

      Tapi soal kenyamanan mungkin lebih enak EasyRider, sebab reed plate nya tidak "nongol" seperti Folkmaster.

      Kembali lagi kalau secara pribadi saya akan memilih Folkmaster. Tetapi terserah selera masing-masing, mas...

      Semoga membantu ya!

      :)

      SalamSedotSebul!

      Delete
    2. Tapi untuk bendingnya? Enak gak?

      Delete
    3. Folkmaster masih termasuk enak kok, asal penguasaan tekniknya betul...:)

      Delete
    4. Oh, makasih ya Pap. Tambah semangat nih.. 😁

      Delete
  2. kak aku punya Folkmaster, aku baru belajar niih!!! he he he
    aku bingung masalah bending,,,,trik bending yang bagus itu gimana sih untuk Folkmaster??

    soalnya kadang suara ketika aku bending di hole ke 2 kadang malah ilang ( gak ada suara ) ...atau cara bending aku yang salah ya?? he he he

    tolong pencerahan nya dong bibir udah seakan kram nih ha ha ha.....
    eh sama niup atau sedot biar pas 1 hole gimana siihh..???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, pada prinsipnya teknik bending itu sama untuk setiap harmonika diatonik seperti Folkmaster tersebut. Kalau tiba-tiba suaranya hilang, biasanya karena posisi mulut atau lidah kita belum pas...memang harus mencoba-coba terus berbagai macam posisi yang paling pas...harus berani mengulang-ulang tanpa bosan...tapi sekali dapat nanti pasti nggak akan lupa...percaya deh, seperti orang belajar naik sepeda, sekali bisa pasti bisa terus!

      Soal pencerahan, silakan buka postingan saya di blog ini juga tentang teknik bending..ada kok, sudah pernah saya ulas sebelumnya.

      Terima kasih banyak sudah sudi mampir ke sini ya mas.....

      Semangat!!!

      Salam Sedot Sebul....

      Delete
    2. artikelnya bagus dan lengkap sekali bang admin,saya mau tanya nih..saya beli suzuki folkmaster lewat onlineshop,,kemudian saat dicoba dimainkan,terasa agak susah disedot dan ditiup dilubang no2 dan suaranya seperti "kempos",apa kondisi ini memang normal atau harmonikanya yg rusak ya?mohon jawabannya,thanks

      Delete
    3. Terima kasih mas, sudah sudi mampir ke sini :)

      Untuk kasus yang mas alami, memang wajar ditemui di harmonika yang baru. Silakan mas buka artikel saya tentang "Reed Gapping", di situ saya pernah mengulas cara mengatasi hal-hal seperti yang mas alami.

      Semoga membantu ya mas.....

      Semangat!

      Salam Sedot Sebul!

      Delete
  3. mas maaf saya mau tanya apakah semua toko buku gramedia menjual harmonica, saya ingin beli yg suzuki folkmaster.

    ohh iya setelah saya baca2 postingan diatas, kenapa lubang no2 yg jadi masalah untuk suzuki folk master ?

    terima kasih mas jika membalas :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mas Alif,
      Terima kasih karena sudah mau mampir di sini.
      Sejauh yang saya tahu, di setiap gerai MG Sport & Music yang "nebeng" di toko buku Gramedia pasti menjual harmonika. Dan khusus untuk jenis diatonik, biasanya yang dijual adalah Suzuki EasyRider dan Folkmaster. Ada juga merk Angel, tapi saya sarankan jangan beli merk itu!

      Sedangkan untuk lubang ke 2, sebenarnya itu biasa terjadi di semua harmonika diatonik baru...biasanya karena kerenggangan antara Reed dan Reed Slot nya (Reed Gap nya) kurang pas..itu wajar sih. Nah, cara menyiasatinya pernah saya tulis di salah satu artikel yang berjudul "Reed Gapping". Caranya mudah dan bisa dilakukan sendiri, tapi tetap harus hati-hati...Jadi silakan mencoba sendiri ya...

      Semoga membantu, dan salam sedot sebul!!!

      Delete
  4. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  5. papamonique saya mau tanya, mendapatkan nada doremifasolasido bagaimana ?
    saya cuma dapat nada doremi doang.
    terima kasih jika papamonique sudah membalas, salam sedot sebul :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas Alif...untuk harmonika diatonik, saya sarankan Anda belajar dulu posisi pertama. Pada posisi pertama ini, nada Do didapat dari lubang ke 4 tiup.
      Selanjutnya nada Re : lubang 4 sedot, Mi : lubang 5 tiup, Fa : lubang 5 sedot, So : lubang 6 tiup, La : lubang 6 sedot, Si : lubang 7 SEDOT, Do (oktaf atas) : lubang 7 TIUP. Tolong perhatikan ada perubahan pola sedot-tiup pada nada Si dan Do (oktaf atas) yang berbeda dengan pola pada lubang sebelumnya.
      Itu adalah urutan nada pada oktaf tengah ketika menggunakan posisi pertama (istilahnya posisi Straight Harp) ya mas.....
      Oktaf tengah pada posisi pertama sama sekali tidak membutuhkan teknik Bending untuk mendapatkan semua nada. Lain halnya dengan oktaf bawah dan atas yang membutuhkan teknik Bending untuk mendapatkan semua nada.
      Silakan simak artikel saya di blog ini, dengan tautan : http://harp-monica.blogspot.com/2013/08/posisi-dalam-bermain-harmonika-diatonik.html

      Semoga membantu!

      Delete
  6. salam.
    saya minat banget nih pengen bisa main instrumen musik. hehe
    gitar ga lancar, drum susah. kalo harmonika ini, teman2 saya blm ada yg bisa. jd ga ada yg ngajarin. kalo otodidak, memungkinkan kah?
    thx ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. mbak Nabilla..maaf sekali saya melewatkan komen Anda :(
      Ijinkan saya menjawabnya ya...
      Untuk belajar harmonika secara otodidak itu sangat memungkinkan. Dan akan lebih baik lagi bila mbak Nabilla bisa menggunakan semua sumber daya yang ada, seperti misalnya tutorial di Youtube, artikel2 di internet, dan (sebaiknya) ketemu langsung dengan orang yang sudah bisa memainkan harmonika secara lancar untuk bisa mendapatkan ilmunya.
      Apakah sudah menjawab pertanyaan mbak? Silakan tanya lagi bila masih ada yang ingin ditanyakan ya....
      Terima kasih sudah mampir dan sekali lagi mohon maaf karena baru membalas komentar Anda...
      Salam Sedot Sebul!

      Delete
  7. bang, apa sama mainnya kunci G sama kunci C

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas Alfian...pertama saya ingin meminta maaf karena baru membalas komentar Anda.
      Untuk cara bermain, khusus harmonika diatonik itu sama saja, meski berbeda kunci. Itulah salah satu keuntungan harmonika diatonik. Jadi dengan pola yang sama, kita bisa menerapkannya pada harmonika dengan kunci yang lain. Kekurangannya ya, tentu saja kita harus punya koleksi harmonika diatonik dengan kunci yang berbeda-beda...

      Terima kasih sudah mampir di blog saya ya!

      Salam Sedot Sebul!

      Delete
  8. Papa monique maaf saya nanya mulu hehehe.

    Sekarang harmonica easyryder saya pada ngga bisa di sedot :'(
    Dari lubang 2 sampai 4 :'(
    Susah bgt ngepasin nekuk2 reedgaping nya, tetep aja ngga bunyi walaupun udah ditekuk2.

    Papamonique bagaiamana cara penananganannya :'( ?
    Tolong bantu saya master :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mas Alif....wah, kenapa musti minta maaf..saya malah senang bisa berdiskusi dengan Anda.
      Kalau boleh tahu, apakah reed nya itu memang benar2 ditekuk? Kalau memang iya berarti Anda kurang tepat. Maksudnya "reed gapping" itu hanya merubah jarak kerenggangan reed dengan reed slot nya mas...bukan untuk menekuk reed nya. Analisis saya, mungkin reed nya tertekuk beneran..kalau memang begitu ya sudah tidak bisa dipakai. Namun bila ternyata hanya terlampau renggang saja, bisa didorong kembali secara lembut ke arah slot nya, mas...tapi hati-hati jangan sampai patah ya...
      Kalau ada fotonya mungkin bisa dikirim ke saya supaya bisa dicermati lebih baik ....

      Terima kasih sudah mampir ya mas.....

      Salam Sedot Sebul!

      Delete
  9. Maksud saya, saya renggangin ke atas menggunakan kertas struk yg katanya lentur.
    Tapi saya engga tau takaran renggangin nya papa monique.
    Papa monique ada pin bb ?
    Saya mau kasih liat penampakan gambarnya heheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh mungkin itu terlalu renggang jaraknya, mas Alif...
      Maaf saya nggak pakai BBM. Kalau mau silakan dikirim via email saja di : cah.solotigo@gmail.com

      Terima kasih mas!

      Delete
  10. saya mau tanya,,,saya kepingin beli harmonika ni,,setelah cari" reverensi d mbah google, dapat deh merek mamonika yg bagus & masih pas dngan isi kantong,
    1. suzuki harpmaster
    2. suzuki blues master
    3. hohner silverstar
    jadi kira" dari 3 merek d atas mana yg paling bagus menurut mas bro?

    ReplyDelete
  11. Mas Cahya,

    Kalau menurut saya, soal harmonika yang kualitasnya bagus, daya tahannya cukup baik dan harganya masih terjangkau, serta mudah didapat, ya pilihan saya jatuhkan ke Suzuki Harpmaster...

    Semoga membantu ya...

    Terima kasih sudah mampir.....

    Salam Sedot Sebul!

    ReplyDelete
  12. Saya minat banget nih maen harmonika, saya udh mau beli, tapi masih bingung mau beli harmonika antara yang harp master sama yg folk master. Mumpung kantong mencukupi nih untuk beli salah satu dari jenis tsb. He he he..
    Mohon masukannya papamonique.

    ReplyDelete
  13. Zul Fahmi,

    Saya sih menyarankan bila Anda memiliki cukup dana, sekitar 250ribuan, lebih baik membeli Suzuki Harpmaster.....

    Terima kasih sudah mampir di sini ya...

    ReplyDelete
  14. Oke, makasih masukannya ya papamonique. D

    ReplyDelete
  15. mas sya mau tanya ., sya punya harmonika easyrider kunci c . trus lubang ke 2 dan 3 terkadang untuk tiup dan sedotnya susah kayak yg kempos.. apakah wajar klw baru beli seperi itu ? apakah bisa baik sendiri seiring dengan penggunaannya ?? soalnya klw sya mau ngelakuin reed gapping harmonika saya takut kenapa" mas .. makasih sebelumnya mas

    ReplyDelete
  16. mas Agung, itu wajar kok.....lebih baik sih di-ReedGapping dulu mas...gampang kok, dan jangan kuatir rusak....pelan-pelan saja, mas....
    Semoga cepat sembuh ya.....

    Salam Sedot Sebul!

    ReplyDelete
  17. Seru baca2 comenant nya saya baru mau belajar main harmonica tertarik banget soalnya dari permainan music yg blm saya bisa harmonica biola sama sexophone yg blm kesampean . Coba harmonica kayanya romantis banget kalo nyanyiin di depan cewe2 mau beli sexophone budget nya blm kesampean hihiw

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahahahha............emang sih klo orang bilang "A good harmonica player is a good Kisser"......
      Ayo mas kita belajar bareng.....

      Btw, terima kasih sudah mampir di sini ya....Salam Sedot Sebul!

      Delete
  18. salam sejahteramas
    saya pengen belajar harmonika mas buat nambah satu intrumen lagi di band saya kan keren tuh pas manggung megang gitar terus di opening lagu main harmonika solo hehe
    tapi saya bingung mau beli yg jenis apa nih.. harmonika yang nyaman,nggak bikin bibir aneh,dan easy to play dengan harga di bawah 350an ada nggak mas?
    kira kira belajarnya berapa lama ya mas?
    mohon di jawab ya masmin
    makasih mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas Razy, kalau mau sih beli harmonika jenis diatonik...merk Suzuki, tipenya Harpmaster. Harga terjangkau, awet dan cukup responsif...perawatannya juga mudah.

      Semoga makin keren yah! Salam Sedot Sebul!

      Delete
  19. Mas numpang tny klo harmonika lee oskar bgs tdk mas ? Ini sy lagi bingung mau beli harpmaster atau lee oskar. Mksh mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lee Oskar bagus mas....tapi sampai sekarang sejauh yang saya tahu, tidak dijual bebas di Indonesia. Kalau mau yang gampang didapat di Indonesia, ya beli Suzuki Harpmaster....

      Salam Sedot Sebul...

      Delete
  20. mas mau nanya saya punya harmonika folk master. pas buat belajar bending kok sering suara melengking nyaring itu kenapa yaa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh....itu kemungkinan besar karena mas Adi belum mendapatkan kombinasi yang pas antara posisi lidah, bibir dan rongga mulut...dicoba terus mas, sampai menemukan posisi yang paling pas dan nyaman untuk melakukan bending...setiap orang bisa berbeda...
      Kalau mau lebih sip, coba lakukan teknik Reed Gapping di reed lubang 1, 2, 3 dan 4 mas...biasanya manjur. Caranya bisa dilihat di artikel saya tentang Reed Gapping.

      Semoga membantu ya mas...Terima kasih sudah mampir. Salam Sedot Sebul!

      Delete
  21. Mas, saya pingin nyoba main harmonika, dari kemaren ortu ngobrol musik mulu, saya yang cuman bisa maen pianika sama recorder,malu banget, pengen beli harmonika tapi saya cuma punya budget 100 rb, bole lebih tapi jangan terlalu afgan, kata mas, saya beli harmonika yang mana? Maunya sih yang 10 hole sama kunci c, tolong ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kenapa musti malu mas....ga usah merasa malu lah....yang penting enjoy dan semangat...

      Saya sarankan, jika anggaran mas cuma di kisaran 100 ribuan, silakan membeli harmonika diatonik merk Suzuki Folkmaster, kunci C. Mungkin sekarang harganya sudah mencapai 110 ribuan.

      Semoga membantu ya....tetap semangat dan salam sedot sebul!

      Delete
  22. maaf nih mas ganggu,,tdi sya baca2 coment nya,apa sih artinya bending.makasih mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silakan baca artikel saya yang ini mas :
      http://harp-monica.blogspot.co.id/2013/05/teknik-bending-pada-harmonika-bag-i.html

      Semoga membantu yah....Salam Sedot Sebul!

      Delete
  23. Saya punya diatonic merk golden cup, kira kira enak ga dimainin? Mohon

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas Maulana,saya sih belum pernah nyobain ya....tapi sepertinya dari beberapa cerita teman-teman yang pernah mencoba, karakteristiknya nampak mirip dengan Suzuki Folkmaster...
      Soal enak dan enggak itu relatif sih mas...tergantung yang main...Gini, kayak mobil, kadang meski mobilnya Mercedes, tapi bisa aja lho ada orang yang gak nyaman naikinnya, dan malah lebih milih Toyota Soluna kayak taksi itu....faktornya bisa macem-macem dari si pengendaranya itu....
      Sama juga kayak harmonika mas...cocok-cocokan gitu lah...tapi bila bicara kualitas ya itu ga bisa dibantah ya...ada harga ada rupa ada kualitas....tentunya itu bisa disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing...
      Intinya sih kalau menurut saya, bermusik tidak perlu terlalu tergantung dari merk atau harga instrumennya...kalau dimainkan dengan hati, semuanya akan bercerita secara berbeda...hehehehhehehe....

      Semangat mas! Apa malah tambah bingung nih? Kalau bingung, gak usah ragu bertanya yah...terima kasih banyak sudah mampir di sini...

      Salam Sedot Sebul!

      Delete
  24. menurut Info dari Blog ini :

    http://belajarharmonika.blogspot.co.id/2013/01/memilih-harmonika-daftar-harga-harmonika.html?showComment=1452674255179#c4691201840735339540

    Harga Hohner Blues Band seharga 85-ribuan,pada Januari 2013 (tgl posting. Benarkah ? dan dimana bisa saya dapatkan harmonika Hohner Blues Band ini ?.
    Mohon infonya.

    sy baru punya dua biji, Diatonic Blues Key C dan Suzuki Folk Master Key A.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai hai....
      Setahu saya Hohner Bluesband sudah susah didapat di pasaran Indonesia....
      Paling2 lewat teman atau online.....

      Delete
  25. soul blues di gitar udh dapet, sekarang lagi belajar soul blues di harmonica nih. Minta saran nya dong papa utk tahap pembelajarannya, dimulai dr mana dan teknik apa saja yg harus dikuasai dlm bermain harmonika blues. saat ini sih saya udh hafal letak2 not disetiap hole, dan lagi belajar lick2 blues di youtube utk refrensi. kira2 tahap selanjut nya apa ya papa? mohon saran nya. terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai hai...

      Single note nya sudah rapi belom? Kalau sudah bisa lanjut ke tahap belajar teknik Bending...

      Semangat yah!

      Delete
  26. Hallo....Papa Monique!!!
    mo tanya doank neh, klo mo beli Harmonika merk Hohner dimana sih yg komplit koleksinya, pengennya beli langsung gito loh...hehehe, dah itu aja, salam sedot yaaaaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mas ARis...

      Coba tanya sama mas Guntari Arifin, di grup FB Pencinta Harmonika mas....

      Semoga sukses ya....Salam Sedot Sebul!

      Delete
  27. Replies
    1. Terima kasih pak, sudah mampir di sini.
      Doakan supaya bisa terus memberikan yang berguna untuk orang banyak.

      Salam Sedot Sebul!

      Delete
  28. mas mau tanya ,harmonika Silver star bagus apa tidak ya? saya mau beli tapi bingung mau yg mana? trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beli Suzuki Harpmaster aja mas....atau Folkmaster klo memang budgetnya kurang...:)

      Delete
    2. Mau tanya mas..
      Klo merk SWAN bagus ga mas..
      Bagus mana dgn FOLK MASTER..
      Trm ksh..

      Delete
    3. Mau tanya mas..
      Klo merk SWAN bagus ga mas..
      Bagus mana dgn FOLK MASTER..
      Trm ksh..

      Delete
    4. Mendingan Suzuki Folkmaster deh ....

      Delete
  29. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  30. Mas mau nanya dong, aku punya harmonika folk master kunci D. Nah ini gatau kenapa tiba tiba hole 3 dan 6 ditiup ga bunyi. Sharing bagaimana merwat dan membenarkanya dong. Terimakasih :).

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mas Frederico,

      Uhm, mungkin bisa jadi reed nya perlu di gapping ulang. Atau bisa juga karena posisi mulut/bibir/lidah mas belum pas...wajar kok.
      Saran saya, coba dulu berbagai macam posisi mulut/bibir/lidah dan jangan terlampau keras meniupnya.

      Kemungkinan ke dua, bisa jadi ada sisa makanan atau air liur (saliva) atau kotoran yang menempel di reed tiup nya, sehingga menghambat getaran reed itu. Boleh coba dibongkar coverplate nya lalu dicek apakah ada kotoran di situ.

      Semoga berhasil ya mas....semangat terus dan tetap sedot sebul!!!

      Terima kasih sudah mampir di sini, mas...!

      Delete
  31. Hai papa, mau nanya dong.saya pengen menguasai harmonika,tpi saya sama sekali gk mempunyai besic nya. Yang jadi masalahnya saya ngak ngerti cara milih harmonikanya ,cara mainnya, cara rawat nya dan saya tidak mempunyai lingkungan yang paham tentg harmonika, gimana tu ya papa

    Saya takut ngak PD pa:(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Hai...

      Gapapa....yang penting niatannya dulu aja...Nanti kalau mau belajar, banyak kok bahan di internet, Youtube bisa, blog bisa, Facebook juga bisa. Kalau domisili di Jakarta, bisa juga kita ketemuan untuk belajar bareng2.

      Ga usah takut...semua orang pasti akan melewati tahap pertama kan? Semangat dan yang pasti, enjoy aja ya!
      Salam Sedot Sebul!

      Delete
  32. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  33. Mas klau saya udah terlanjur beli suzuki folkmaster key a gimana??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gapapa mas..prinsipnya sama aja kok...dan paling enak harmonika kunci ini untuk nge-rhytm...

      Semangat ya mas!

      Delete
  34. Mas..kalau harmonika merk swan blues power sama suzuki folkmaster bagus mana suaranya? apakah merk swan sudah terkenal?

    ReplyDelete
  35. Mas..kalau harmonika merk swan blues power sama suzuki folkmaster bagus mana suaranya? apakah merk swan sudah terkenal?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau saya lebih cenderung menyarankan Suzuki Folkmaster. Swan saya rasa kualitasnya masih agak kurang sih mas...

      Terima kasih sudah mampir di sini ya...Salam Sedot Sebul!

      Delete
  36. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  37. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  38. mass, kanpa? folk master key c no 1 sampai 3 pas di blow sama di draw bergetar harmonikanyya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bergetarnya seperti apa ya? Terasa sekali kah? Sebab sebenarnya reed yang menghasilkan bunyi itu justru memang harus bergetar. Kalau memang getaranya terasa sampai di cover plate itu kemungkinan karena posisi meniup/menyedotnya belum pas, sehingga biasanya akan muncul suara "nggiiiiing..."

      Kalau masih bingung, silakan tanya lagi ya....terima kasih sudah mampir di sini, mas...
      Salam Sedot Sebul!

      Delete
  39. halo PapaMonique,
    saya mau tanya, apakah cara bermain harmonika diatonic dengan tremolo itu sama? kalau misalkan beda, lebih susah yang mana ya?
    terima kasih sebelumnya :)
    have a nice day pa!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haihai.....
      Menurut saya yang lebih susah adalah harmonika diatonik, karena tidak semua nada tersedia di dalamnya, sehingga untuk mendapatkan nada-nada yang hilang, kita harus menguasai teknik yang dinamakan teknik bending.

      Harmonika tremolo cenderung tidak memerlukan teknik khusus dalam memainkannya.

      Kira-kira begitu perbedaannya...:)

      Semoga menjawab pertanyaan yang diajukan yah...terima kasih karena sudah mampir di sini...

      Salam Sedot Sebul!

      Delete
  40. Mas, mau tanya apa semua jenis harmonika bisa dibending? Kalo ada yg gak bisa itu kenapa ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang bisa dibending itu hanya harmonika jenis Diatonik saja. Karena di dalam satu lubang itu terdapat 2 reed (Tiup dan Sedot) yang masing-masing nadanya punya jarak satu dengan lainnya sebesar MINIMAL 1/2 nada...
      Kayak misal, dari F ke E.
      Nah, kalau harmonika jenis lain tidak bisa, ya karena di dalam satu lubangnya itu, reed-reednya tidak memiliki selisih nada seperti pada jenis Diatonik itu tadi. Makanya nggak bisa di bending.
      Kira-kira begitu mas....tambah mumet apa paham? Hehehehe...
      Terima kasih ya sudah mampir di sini...

      Salam Sedot Sebul!

      Delete
  41. Mas, mau tanya apa semua jenis harmonika bisa dibending? Kalo ada yg gak bisa itu kenapa ?

    ReplyDelete
  42. Papa Monique, pap aku beli Folkmaster Kunci G (125 ribu rupiah). Kunci G itu untuk melodi/petikan/rhytm kah? .
    Lalu apa bedanya dg Kunci A atau C atau kunci yg laen..?
    SEBAB AKU NYARI HARMONIKA KUNCI C DI KOTA KUDUS JAWATENGAH Susah kok Pap?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau harmonika diatonik, mau buat melodi atau rhytm sih bisa aja...nggak tergantung kunci kok...
      Beda kunci ya beda range nada nya aja sih...
      Coba cari di toko Gramedia, biasanya ada kok...
      Semangat ya!
      Terima kasih sudah mampir di sini...

      Salam Sedot Sebul!

      Delete
  43. Misi pap... Ane mau nanya, untuk harmonika yang bener" pemula bagus suzuki yang mana yaa?
    Yang gampang buat bener" belajar, harpmaster atau folkmaster? Maksih pap sebelumnya 🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau saya lebih rekomen Suzuki Harpmaster....
      Lebih baik agak mahal sedikit tetapi lebih worthed...

      Gitu mas...
      Thanks anyway sudah mampir di sini.
      Salam Sedot Sebul!

      Delete
  44. maaf mas saya tadi baca baca komen di atas dan cara untuk memperbaiki hole ke dua folkmaster mas saya kira bukan cuman nada la dan fa yang hilang mas tapi di oktaf ke 3 nada si juga hilang.saya cuman mau nanya soal itu mas? apa itu memang kesalahan bawaan harmonika dan harus diboerbaiki atau itu di sengaja karna untuk mendapatkan nadanya harus menggunakan tehnik tertentu.bending misalnya.soalnya saya untuk tehnik bending udah lama banget belajar sudah berbagai macam harmonika saya coba tapi blm nyampe ke hohner mas.dan belum bisa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya hilangnya nada tadi "tidak disengaja" oleh pembuatnya dulu, tetapi justru karena ada nada yang hilang tadi malah menimbulkan suatu tantangan untuk mendapatkan nadanya. Dan teknik bending justru menambah satu ke khas an lagi dari harmonika diatonik ini. Soal bagaimana cara kita melatihnya, jangan kuatir mas...setiap orang memiliki waktunya sendiri-sendiri. Yang penting tetap semangat, rileks dan enjoy!
      Terus latihan ya mas!

      Terima kasih sudah mampir di sini, dan Salam Sedot Sebul!

      Delete

  45. Ayo bergabung sekarang juga bersama kami ^_^
    Deposit yang sangat ringan cukup 50rb saja
    Anda sudah bisa bergabung bersama Fans^^83771nG $$

    Tersedia berbagai Permainan :

    * Sbobet Bola
    * Roulete / Bacarat
    * IBC
    * Ion Casino / Sicbo
    * 88Tangkas

    Support Bank : BCA , Mandiri , BNI , BRI , dan Danamon.

    Untuk lebih detail .. klik langsung ya : www,fansbetting,co :)

    ReplyDelete

  46. G4M3 = Onl1n3 = Fan5bett1nG = J01nt = y4 ^_^

    ReplyDelete

  47. JobSide buat tambahan jajan .... Info { 5*E*E*8*0*A*F*E }

    ReplyDelete
  48. Papa Monique, saya sebenarnya lemain biola amatir otodidak, yang lagi selingkuh ke harmonika.

    Sejak Desember tahun lalu, saya perhatikan video2 papa dan mas robert harp itu. Sbenarnya saya hanya tertarik dengan suara bending itu, dan akhirnya berikhtiar untuk membeli harmonika diatonik.

    Sekarang saya punya Folkmaster kunci A, dan berkat info mas Robert itu (selotip tambahan buat folkmaster) saya sudah bisa menguasai teknik bending dalam waktu 2 hari. (Mungkin juga terbantu dari kebiasaan mengontrol lidah untuk ngeteh tiap hari)

    Pertanyaannya sekarang adalah overblow. Saya masih belum bisa menemukan bunyi itu di harmonika saya. So sekalipun saya bukan benar2 pecinta harmonika, saya mau bisa menemukan caranya.

    Tolong yah, Papa Monique! Papa kan termasuk ahlinya di sini. Papa dan kawan2 juga harus bertanggung jawab, atas virus harmonika yang sudah di sebarkan itu! Oke saya tunggu jawabannya!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh...kaget nih saya bacanya...
      Mas, mohon maaf banget, nih, kalau saya jujur belom bisa teknik yang namanya overblow itu. Dan memang belum juga dapet celahnya.
      Hehheehee....jadi saya juga nampaknya harus belajar lebih giat lagi untuk bisa menguasai teknik tersebut.
      Maaf nih ya mas jadi keracunan virus harmonika...ehehehhe...

      Btw, terima kasih sudah mampir di sini juga...

      Salam sedot sebul!

      Delete
  49. Mas bagusan mana east top atau folk master atau harp master mas?
    Kalok diurutkan mana yg tertinggi dan terendah mas?
    Terus gni mas
    Kalok di harmonika diatonik c, katakanlah memainkan sebuah lagu kita hanya meniup dan sedot lubang 567 apa di diatonik d,g atau a kita memainkannya dilubang yg sama?
    Terimakasih

    ReplyDelete
  50. JobSide buat tambahan jajan .... Info { 5*E*E*8*0*A*F*E }

    ReplyDelete
  51. Mas kalau beajar harmonika cuma dr internet bisa ga? Terus kira2 butuh waktu berapa lama sih sampe lancar?

    ReplyDelete
  52. Suzuki Folkmaster Harmonica cukup bagus untuk permainan blues, country atau folk. Kalo untuk recording, jg tergantung dengan kualitas microphone dan mixing di aplikasi recording yg biasa temen2 pake. Klo boleh share, ini hasil record saya pake Suzuki Folkmaster Harmonica. Salam Blues.. https://youtu.be/vhrUqUzUjMY

    ReplyDelete
  53. F4n583771nG | Ayo Joint.... ditunggu ya :) silahkan di add
    WA kami @ +855 963 156 245
    line @ fansbetting
    wechat @ fansbetting3
    bersama dengan kami CS fansbetting thankyou,,,

    ReplyDelete
  54. Hallo.. Saya mau belajar harmonika, tapi bingung mau beli yang mana, yang suzuli folkmaster atau swan.. Apa gitu. Kalau menurut harga lebih bagus suzuki, kalau ulasan lebih banyak swan, saya jadi bingung

    Mohon sarannya 😁

    ReplyDelete
  55. Boleh nanya nih om. Saya punya harmonika tremolo, sekedar nyanyi2 bisa. Tapi ngiri sama yg bisa main lagu blues. Udah beli diatonik trus belajar bending via youtube, tapi kok gak dapet-dapet ya. Saya belajar bending pake suzuki folkmaster. Tolong pencerahannya. Terima kasih.

    ReplyDelete