Friday, August 9, 2013

Posisi dalam Bermain Harmonika Diatonik: 1st Position

Menakjubkan!

Mungkin itu yang bisa mewakili perasaan saya ketika pertama kali berkenalan dengan harmonika diatonik. Bagaimana tidak, setelah membaca berbagai artikel, dan melihat video di sana-sini, saya tercengang mengetahui fakta bahwa alat musik sekecil itu bisa memainkan berbagai macam kunci/nada dasar. Padahal sebelumnya, saya berpikir, sebuah harmonika diatonik hanya bisa memainkan satu nada dasar saja, yaitu nada dasar yang tertulis di badannya. Fiiuuhhh....bahkan dengan teknik bermain tingkat dewa yang sering disebut teknik Overbend, kita bisa memainkan lagu dengan SEMUA nada dasar, termasuk nada dasar kromatik!

Yah, rahasianya terletak pada hal yang kita sebut dengan Posisi Bermain. Mirip dengan piano, kitapun sebenarnya bisa memainkan sebuah lagu dalam beberapa nada dasar, dengan cara mengubah posisi bermain kita. Posisi yang dimaksud di sini adalah posisi atau letak nada dasar/nada akar (rootnote) kaitannya dengan lubang-lubang pada harmonika, dan cara membunyikannya (sedot/tiup). Ada beberapa posisi bermain harmonika diatonik, namun kali ini saya ingin membagikan sekilas mengenai posisi pertama, atau yang dalam bahasa Inggris disebut 1st Position, atau juga Straight Harp.

Dengan menggunakan posisi pertama ini, berarti kita bermain dalam nada dasar seperti yang tertulis pada badan harmonika diatonik yang kita pakai. Misalkan, pada sebuah harmonika diatonik, ada tertulis kunci C. Bila kita menggunakan posisi pertama, berarti kita bermain dalam nada dasar do=C. Rootnote atau nada dasarnya terletak di lubang 1 tiup, lubang 4 tiup, lubang 7 tiup dan lubang 10 tiup. Ada 3 oktaf yang dapat kita mainkan, yaitu oktaf bawah, oktaf tengah dan oktaf atas. Namun hanya pada oktaf tengahlah, dapat kita temui nada-nada diatonis lengkap yang terangkai dalam tangga nada Mayor. Istilah gampangnya : SOLMISASInya lengkap, yaitu: do-re-mi-fa-so-la-si-do.

Pada oktaf bawah dan oktaf atas, akan ditemui fakta bahwa kita "kehilangan" beberapa nada. Misalkan, pada oktaf bawah,  kita kehilangan nada "fa" dan nada "la". Begitu juga pada oktaf atas, nada yang hilang adalah "si". Sebagai informasi, nada-nada yang "hilang" tadi dapat diperoleh dengan menggunakan teknik Bending, baik Bending Sedot (drawbend) maupun Bending Tiup (blowbend). Namun untuk pemula, saya rasa menggunakan oktaf tengah saja sudah cukup, mengingat semua nada diatonis tersedia di sana.

Diagram sederhana dari susunan nada dengan menggunakan posisi pertama adalah sebagai berikut:

Sementara, saya juga telah membuat sebuah video tutorial (amatir) mengenai posisi pertama ini. Video ini saya unggah sebagai sebuah alat bantu yang diharapkan dapat memberi pemahaman yang lebih baik, karena ada dimensi audio visualnya.

Semoga membantu ya...tapi mohon maaf, bila kualitas videonya kurang baik. Maklum, saya hanya menggunakan sebuah handycam sederhana. Untuk posisi yang lain, tunggu saja tulisan saya berikutnya.



SalamSedotSebul!

68 comments:

  1. om, mau tanya nih....

    kalo main jazz di 1st position bisa gak om?? :)

    ReplyDelete
  2. Om,mau tanya???
    Nada dasar harmonika diatonik c (urutannya) apa om,dari yang mudah sampai yang sulit???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas Bagas Feriyan, maksudnya urutan itu urutan apa ya?
      Kalau yang dimaksud adalah urutan nada dasar yang dapat dimainkan pada sebuah harmonika kunci C, kaitannya dengan posisi bermain, mungkin saya baru bisa mengurutkan tiga saja (karena baru 3 posisi yang saya bisa).

      Menurut saya, urutan dari yang paling mudah adalah :
      1. Posisi pertama, bila menggunakan harp kunci C, maka nada dasarnya adalah do = C
      2. Posisi kedua, bila menggunakan harp kunci C, maka nada dasarnya adalah do = G (scale nya adalah scale blues), kesulitannya adalah karena membutuhkan teknik bending
      3. Posisi ketiga, bila menggunakan harp kunci C, maka kita bermain tangga nada minor, tepatnya Dm.

      Kira-kira seperti itu mas...apakah sudah menjawab pertanyaan ma Bagas?

      Btw, terima kasih sudah mampir ya mas....Salam Sedot Sebul!

      Delete
  3. om mau tanya kalo make key A , posisi,1,2,dan3 gimana om ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas Ikbal,
      Prinsipnya, pada semua harmonika diatonik kunci apa saja, posisi bermain itu sama.
      Yang membedakan hanya tinggi rendahnya nada.
      Bila Anda menggunakan harmonika kunci A, berarti posisi 1 root note nya ada di lubang 4 tiup (A). Posisi 2 root note nya ada di lubang 2 sedot (E), dan posisi 3 root note nya ada di lubang 4 sedot (B-->dalam hal ini tangga nada minor : Bm)

      Kira-kira demikian mas...apakah sudah menjawab pertanyaan anda?

      Terima kasih sudah mampir ya?

      Salam Sedot Sebul!

      Delete
    2. oiya papa monic , ada ga sampel suara bending harmonica diatonik key d , soalnya masih bingung ni hehe

      Delete
    3. Mas Ikbal, silakan simak video saya di Youtube, yang berjudul "Indonesia Tanah Air Beta". Di situ saya menggunakan harmonika diatonik kunci D.

      Terima kasih....

      Delete
  4. kalau boleh tau
    bagaimana cara memainkan nada A rendah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas Muhammad Al Faridzi,

      Maksudnya memainkan nada A rendah itu dengan harmonika diatonk kunci A? Kalau memang itu yang dimaksud, ya sebenarnya sama saja polanya dengan harmonika diatonik kunci apa saja. Kalau Anda menggunakan harmonika kunci A, berarti nada A didapat dengan meniup lubang ke 4. Itu artinya Anda bermain dalam posisi 1 (First Position/Straight Harp).
      Namun bila Anda ingin bermain dalam posisi ke dua (Second Position/Cross Harp), berarti Anda harus menggunakan harmonika diatonik kunci D. Dan nada A akan Anda dapat dengan menyedot lubang ke 2.

      Apakah sudah menjawab pertanyan Anda, mas? Kalau belum, jangan ragu untuk bertanya....

      Terima kasih karena sudah mampir ya!

      Salam Sedot Sebul.....!!!

      Delete
  5. Min klo buat pemula baiknya ambil harmonika kunci apa ? (Yang mudah dipelajari)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas Fathan, saya sarankan menggunakan harmonika kunci C....

      Terima kasih sudah mampir....:)

      Delete
    2. saya terlanjur beli kunci D nih mas, padahal di internet lebih bnyk yg bahas kunci C.. ada tips?

      Delete
    3. Tidak jadi masalah....pada harmonika diatonik, prinsipnya sama saja di semua kunci kok....cuma beda nada dasarnya saja...

      Terima kasih sudah mampir!

      Salam Sedot Sebul!

      Delete
  6. Klo main harmonika sambil main gitar , jenis harmonika+kunci nya pakai yang mana ya ? Diatonic, chromatic atau tremolo.? Mohon dibantu.. terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau mas Fathan ingin bermain harmonika dan gitar sekaligus, yang paling cocok ya jenis tremolo atau diatonik mas....
      Salam Sedot Sebul!!!

      Delete
  7. Mas, saya pemula baru belajar harmonika, bisa gak saya belajar dgn menggunakan harmonika kunci A?
    Lagu jenis apa saja yg bisa saya pelajari?
    Ada tutorialnya gk harmonika kunci A?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Bung Zee Mike...
      Kalau yang dimaksud adalah harmonika diatonik, maka kunci apa saja bisa digunakan sebagai awalan. Pada prinsipnya cara bermain harmonika diatonik pada semua kunci itu sama saja. Hanya berbeda di nada dasarnya saja.
      Untuk jenis lagu, harmonika diatonik enak digunakan terutama untuk lagu Blues, Country ataupun Jazz. Untuk tutorial, sama saja dengan yang harmonika diatonik kunci C.
      Apakah saya sudah menjawab pertanyaan bung? Jangan ragu untuk bertanya lagi ya...
      Terima kasih karena sudah mampir di sini..Salam Sedot Sebul!!!

      Delete
  8. untuk pemula enaknya pake harmonika merk apa ya ? mohon saran,trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau boleh saya menyarankan merk Suzuki, mas....

      Salam Sedot Sebul!

      Delete
    2. Salam sedot sebul mas. Ni ak pndatang baru.. D
      i salatiga ada komunitas harmonika gk mas...

      Delete
  9. Bang monique...., saya mau tanya nih..., untuk pemula sebaiknya pakai harmonika jenis apa? Thx sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas Nicolas, kalau memang mau yang minim teknik, silakan beli harmonika jenis Tremolo...Anda tidak perlu pusing dengan teknik Bending, karena memang tidak bisa diterapkan di harmonika jenis ini. Namun konsekuensinya, Anda tidak akan mendapatkan nada-nada Kromatis. Kalau Anda ingin mendapatkan nada Kromatis, Anda bisa membeli harmonika jenis Diatonik & Kromatik.

      Delete
  10. minta kontaknya dong mas, mau tanya-tanya lebih banyak ni. dulu pernah beli diatonik kunci G terus hasil belajarnya cuma bisa niup & sedot fokus ke satu lubang. sekarang pengin bener-bener belajar mas cuma masih bingung juga mau beli kunci apa terus merk apa yang cocok buat pemula. minta bantuannya mas...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silakan berkomunikasi via email mas, di : cah.solotigo@gmail.com

      Kalau soal harmonika diatonik, saya menyarankan untuk membeli Suzuki Folkmaster, kunci C, yang kini harganya mungkin sekitar 110 ribuan.

      Kalau ada uang lebih, bisa membeli Suzuki Harpmaster, seharga (mungkin) 250 ribuan.

      Apakah cukup menjawab pertanyaan mas? Terima kasih sudah mampir ya....Salam Sedot Sebul!

      Delete
  11. selamat pagi papamanique, saya mulai tertarik untuk belajar harmonika, tapi ada satu pertanyaan yang sampai saat ini saya blm dapat jawabannya. kenapa yang disarankan oleh kebanyakan orang adalah harmonika kunci C kenapa tidak kunci G atau D saja? apa alasan logisnya papamonique mengapa harus C? terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Simpel saja sih mas....harmonika diatonik yang ada di pasaran diproduksi dengan pola yang sama, yaitu kunci C dibuat di tengah-tengah. Artinya, kunci D, E, F dibuat dengan nada di atas kunci C, sedangkan untuk kunci B, A, dan G dibuat dengan nada di bawah kunci C. Nah, untuk belajar teknik dasar, seperti misalnya teknik bending, kunci C adalah kunci yang paling netral untuk penerapan teknik Blow bend maupun Draw bend. Pasalnya, ukuran panjang reed kunci C boleh dibilang paling netral dibanding kunci-kunci lain. Misalnya, untuk Blow bend, kunci D, E, F cenderung lebih susah di Blow bend, karena reed nya lebih pendek daripada kunci C. Sedangkan untuk Draw bend, kunci B, A dan G reed nya lebih panjang daripada kunci C, sehingga bagi para pemula, akan cenderung kesulitan mempelajari teknik Draw bend tersebut.

      Kira-kira demikian penjelasannya. Apakah cukup menjawab pertanyaan mas? Kalau kurang jelas, jangan ragu untuk tanya lagi ya mas....terima kasih sudah mampir ya...

      Salam Sedot Sebul!

      Delete
  12. Terimakasih mas, penjelasannya sangat mudah dipahami. Sukses selalu..

    ReplyDelete
  13. Master, saya boleh minta kontak ngga? Soalnya banyak yang mau saya tanyain master

    ReplyDelete
  14. Master, saya boleh minta kontak ngga? Soalnya banyak yang mau saya tanyain master

    ReplyDelete
    Replies
    1. email ke sini ya mas : cah.solotigo@gmail.com

      Delete
  15. Mas kasih toturial harmonica tremolo nya dong

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe.....saya usahain ya mas Ari...soalnya saya sudah nggak punya harmonika tremolo lagi nih...

      Terima kasih sudah mampir di sini yah! Salam Sedot Sebul!

      Delete
  16. mas harmonika diatonik bisa buat mainin lagu pop gak? apa emang harmonika cuma untuk lagu" bergenre blues?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa banget mas...nggak cuma untuk main Blues kok..bahkan Jazz pun bisa..

      Delete
  17. mas, ada channel youtube buat tutorial gak? tutorial teknik2 gitu . sy bru belajar skitar 1 bulanan nih uda lumayan bisa niup sedot 1 nada tunggal jd bisa mainin lagu2 gampang di C (mskipun gk lancar 100% sih). Makasih ya mas, nnti ta subscribe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mas Tommy...Ada kok, silakan cari akun Youtube saya : OQjelly

      Silakan mampir di situ dan semoga membantu ya..kalau ada yang belum jelas, jangan ragu untuk panggil saya, siapa tahu saya bisa bantu...

      Semangat mas! Salam Sedot Sebul!

      Delete
  18. mau tanya malah bingung apa yang akan ditanyaken soalnya mau beli harmonika belum kesampaian sampai sekarang....cekakaka

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lah.....gimana to mas...hahahha...
      Ya udah ga usah bingung yang penting enjoy aja...
      Terima kasih udah mampir di sini ya...
      Salam Sedot Sebul!

      Delete
  19. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  20. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  21. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  22. cekakakaka....
    mas Papa Monique, aku wis tuku harmonika merek Freedom tetapi untuk mainin bending-bending blues kok ora iso ya? freedom ini menurutku kurang galak/kurang responsif.
    1. kira-kira Suzuki Winner yang dijual di gramedia itu bisa untuk bending-bending blues?
    2. merek harmonika apa saja yang khusus untuk main blues dengan harga dibawah 300 ribu?
    3. Hohner Blues Band yang harga 85 ribu bisa untuk bending-bending ya, belinya dimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas Iwan,
      Kalau setahu saya merk Freedom itu ga recommended deh...Mending beli Suzuki Folkmaster.
      Sedangkan Suzuki Winner adalah jenis Tremolo, yang sayangnya ga bisa dibending2...
      Kalau mau lebih enak lagi, beli Suzuki Harpmaster yang sama2 jenis diatonik. Mungkin sudah nembus 280ribuan.
      Hohner Blues Band jelas bisa dibending, karena juga adalah jenis diatonik, tapi saya sekarang ga terlalu tahu bisa belinya dimana. Sudah jarang sekali nemuin yang ini.

      Semoga membantu ya mas Iwan. Pastinya tetap semangat dan enjoy aja!

      Terima kasih sudah mampir di sini...Salam Sedot Sebul!

      Delete
  23. Salam PapaMonique, saya penghobi harmonika baru juga nih,

    mohon saran untuk latihan harmonika sesuai tahapannya bisa belajar di mana ya Mas?

    untuk lagu-lagu yang bisa dipelajari dan referensi musisi (barat/luar) apa ya, saya baru dengar permainan dari beberapa orang (ga sengaja denger dari yutub)

    1. peter green fleetwood mac (baru kenal juga lagu-lagunya)
    2. sonny boy williamson (bye2 bird, keep it to yourself)
    3. bob dylan (baru kenal ini juga belum lama)
    4. big walter (ini juga baru)

    saya rasa, saya cukup suka (suka belum berarti bisa) yang sonny boy williamson sama big walter
    latihan macam apa aja ya mas yang kira-kira harus saya jalani...?
    apakah saya harus bisa baca not balok?
    blues 12 bar itu maksudny apa mas? (karena pernah ditanya om2 pas beli harmonika harpmaster di MG melawai, saya ga tau karena emang ga tau, haha)

    mohon saran dan masukannya Mas


    Salam sedot sebul

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mas Arif,

      Untuk mulai belajar tidak harus selalu menggunakan not balok kok. Jika memang lebih suka menggunakan feeling ya gak masalah. Untuk tahap awal, lebih baik dilatih dulu supaya teknik "Single Note" nya rapi dulu. Coba menggunakan lagu "Ibu Kita Kartini", atau "Naik-naik Ke Puncak Gunung".

      Kalau Blues 12 bar itu pola permainan Blues standar, menggunakan 3 chord dan dibagi dalam 12 bar.

      Semoga membantu ya..kalau masih ada yang ingin ditanyakan, nggak usah ragu tanya mas...

      Terima kasih sudah mampir di sini ya..semangat latihannya mas!

      Salam Sedot Sebul!

      Delete
  24. Mas, numpang tnya mas..
    Klu kita baca not angka, kn ada tanda angka yg dicoret (angkanya di coret garis miring)...
    Cara mainkan not itu gmna mas??
    Tolong pencerahannya mas..
    tq

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mas...
      Kalau dalam not angka, ada angka dicoret miring itu artinya nadanya naik setengah. Misal 4, dicoret, artinya nada "FA" naik setengah, jadi sebutannya :"FI"...
      Kalau di tuts piano, dengan nada dasar do=C, yang tadinya kita mencet tuts warna putih, karena naik setengah, kita mencetnya naik setengah, alias mencet tuts yang warna hitam.

      Not angka dicoret itu artinya nada kromatis mas....

      Apakah sudah terjawab pertanyaannya?

      Terima kasih sudah mampir di sini ya mas...
      Salam Sedot Sebul!

      Delete
    2. Tanya lgi mas..
      hehehe...
      Jadi bisa dimainkan di harmonika diatonik mas??
      Mohon bantuannya mas..

      Delete
    3. Bisa banget mas...asal bisa teknik bending yah...

      Semangat mas.....yang penting rileks & enjoy yah!

      Salam Sedot Sebul!

      Delete
  25. Replies
    1. hehehe....sabar ya mas..nanti saya coba bikin...

      Makasih buat request nya!

      Salam Sedot Sebul!

      Delete
  26. Mas, ijin nanya. Saya kepingin bisa mainin lagu Bob Dylan yang Mr. Tambourine Man. Kira-kira harmonika yang cocok untuk lagu ini apa Mas? Terus, Apa kunci harmonika ini harus disesuaikan dengan nada dasar saat bermain gitar? makasi Mas Papa Monique. Maklum saya awam. Hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mas Rizky,

      Sepertinya klo lagu-lagu Bob Dylan cocoknya pake harmonika diatonik deh mas...
      Kuncinya ya menyesuaikan saja dengan nada dasar saat bemain gitar, hanya saja posisi bermain harmonikanya yang kita sesuaikan.

      Misal, kita mau main nada dasar do = G, kita pake harmonika diatonik kunci C tapi main di posisi 2 (Crossharp) jadi nada dasarnya do=G.

      Kalau masih bingung, jangan ragu tanya ya mas....

      Terima kasih sudah mampir di sini mas....

      Salam Sedot Sebul!

      Delete

  27. Ayo bergabung sekarang juga bersama kami ^_^
    Deposit yang sangat ringan cukup 50rb saja
    Anda sudah bisa bergabung bersama Fans^^83771nG $$

    Tersedia berbagai Permainan :

    * Sbobet Bola
    * Roulete / Bacarat
    * IBC
    * Ion Casino / Sicbo
    * 88Tangkas

    Support Bank : BCA , Mandiri , BNI , BRI , dan Danamon.

    Untuk lebih detail .. klik langsung ya : www,fansbetting,co :)

    ReplyDelete

  28. G4M3 = Onl1n3 = Fan5bett1nG = J01nt = y4 ^_^

    ReplyDelete
  29. Kak, mau tlg tny.. Saia pemula mau belajar. Sebaiknya beli suzuki kunci c lubang 10 atau 16 ya, bedanya apa ya? Thanks

    ReplyDelete
  30. JobSide buat tambahan jajan .... Info { 5*E*E*8*0*A*F*E }

    ReplyDelete
  31. Klo harp-kunci A trus scale nya pake harp-kunci C bisa gk? Masalahnya saya terlanjur beli Harp-A (masih belajar saya bang...hehe)

    ReplyDelete
  32. Mas ikut nanya..
    Diatonik kunci C bisa ngak main lagu2 ala koboi gitu..?
    Trus musik ala koboi itu termasuk aliran musik apa? (Biar mudah cari di YouTube)

    ReplyDelete
  33. F4n583771nG | Ayo Joint.... ditunggu ya :) silahkan di add
    WA kami @ +855 963 156 245
    line @ fansbetting
    wechat @ fansbetting3
    bersama dengan kami CS fansbetting thankyou,,,

    ReplyDelete
  34. Min , buatlah tutorial harp kunci G , untuk kami para pemula ,

    ReplyDelete
  35. mas macam macam teknik yang dipakai dan dipelajari dalam memainkan harmonika itu apa saja ya ?

    ReplyDelete
  36. lalu apa hubungannya teknik banding dkk dengan posisi 1 posisi 2 dst ?
    saya masih bingung, terimakasih mas

    ReplyDelete
  37. hallo mas perkenalkan saya Made Surya Dari Bali, saya ingin belajar harmonica, saya pakai Hohner harmonica, saya kagum sekali melihat video mas sama mbak Sarah Saputri, juga kagum sama kang Pocang, saya masih bingung dengan posisi harmonica, kalau posisi 2 dan 3 itu seperti apa ya? minta penjelasanya mas? terus saya mau beli harmonica C lagi kira kira mana lebih enak ya pakai C Seydel apa C Hohner Golden Melody? minta pencerahanya mas🙏🏻 semoga sukses selalu mas dan sehat selalu di Covid 19 era ini

    salam kenal dari saya mas, saya mau berguru sama mas kalau nggk keberatan mau kontak mas lagi

    ReplyDelete
  38. Saya Made surya lagi, itu Hohner harmonica kan saya beli second di Bali, ada kunci A,E,dan F Big River harp tapi ada yang mengkarat juga sempat saya bersihin pakai cocacola sama rebusan air panas, nah untuk belajar kan paling mudah kunci C ya mas, saya ada C tapi folk master susah sekali di banding, nah mau beli C Seydel, atau golden melody C menyambung pertanyaan di atas, terus minta tolong angkat saya jadi murid ya mas🙏🏻🙏🏻🙏🏻🙏🏻🙏🏻🙏🏻🙏🏻 pleasssss saya sudah lama pengin belajar harmonica, ya kemarin saya sedot sebul nya ngawur kemarin, pengin belajar tahap demi tahapan harmonica mas mumpung di rumah aja ni kalau 12345671 posisi satu sudah dapet sih sesuai video tutorial mas di atas, terus posisisi berikutnya belum tau ni mas apa akang saya manggilnya ya? salam hormat saya dari Bali

    I Gede Made Surya Darma
    087860245769

    ReplyDelete
  39. Mas saran maikan harmonika kunci g karna saya suka dengar musik blues dan terlanjur beli kunci g terimakasih

    ReplyDelete