Monday, March 25, 2013

JukLak!

JukLak = Petunjuk Pelaksanaan?

Haha....ya ya ya....yang saya maksud di sini adalah Petunjuk Pelaksanaan bermain harmonika, alias buku petunjuk cara-cara bermain harmonika.

Seperti yang kita tahu, sudah banyak beredar buku-buku yang berisi panduan tentang bagaimana untuk memainkan sebuah alat musik. Sebut saja, buku panduan bermain gitar, piano, keyboard, pianika, bas, organ, seruling. Apalagi tentang gitar dan piano...wah, ada banyak sekali!
Tetapi buku petunjuk cara bermain harmonika? Ah, sejauh yang saya tahu, di Indonesia belum terbit buku yang membahas tentang hal itu. Sebagai seorang awam yang ingin belajar memainkan harmonika, cara yang paling mungkin adalah dengan menjelajah dunia maya. Mencari situs-situs yang berisi tutorial cara bermain harmonika, dan ditambah lagi dengan menonton video-video harmonika di situs Youtube. Celakanya, kebanyakan situs-situs itu menggunakan bahasa Inggris. Ketika pertama kali saya belajar harmonika, saya menghadapi dua masalah : saya belum tahu caranya, dan kalaupun saya menemukan situs yang mengajarkan caranya, saya harus berusaha keras memahami bahasa yang digunakan.

Tapi suatu waktu di bulan Februari 2013, saya tak sengaja menemukan  buku yang menarik di salah satu toko buku ternama yang ada di mal Gandaria City, Jakarta Selatan. Buku itu adalah buku panduan cara bermain harmonika!!!
Ketika pertama saya melihatnya, saya hampir-hampir tak percaya. Setelah saya amati, ternyata buku itu ditulis dalam bahasa Indonesia. Hmmm...nama penulisnya sih, nampaknya bukan nama orang Indonesia, tetapi sepertinya sudah diterjemahkan dalam bahasa Indonesia.
Jujur saja saya tak membelinya. Namun setelah saya share informasi tentang buku ini di grup Pencinta Harmonika, ada salah seorang anggota yang membelinya. Menurut beliau, buku ini cukup memberikan informasi yang berguna untuk seorang pemula yang ingin belajar harmonika.

Harga buku ini pun juga terjangkau. Jadi menurut saya, buku ini layak Anda beli bila Anda adalah seorang awam yang hendak belajar mengenai harmonika. Terus terang ini sangat menggembirakan, karena selama ini belum ada buku berbahasa Indonesia yang mengajarkan cara-cara bermain harmonika. Semoga saja ke depannya, makin banyak buku panduan bermain harmonika yang terbit. Siapa tahu, setelah sekian waktu Anda belajar bagaimana cara bermain harmonika, Anda dapat menuangkan pengalaman Anda melalui sebuah buku.

Mengapa tidak? :)

2 comments:

  1. Kenapa Anda nggak ngumpulin tulisan2 ini jadi buku ? :-).

    Salam,
    Chilmar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bung Chilmar...doakan saja supaya itu bisa terwujud secepatnya yah! Terima kasih atas atensinya, sungguh sangat berarti buat saya...
      Terima kasih juga sudah mau mampir di sini...S
      Salam Sedot Sebul!!!

      Delete