Tuesday, March 26, 2013

Hohner Bluesband

Sihir harmonika ternyata sangat kuat!
Tak percaya?
Segera setelah saya memiliki 1 buah harmonika diatonik, saya tergoda untuk membeli lagi (padahal teknik bermain masih "jongkok"...hehehehehe...)
Sebelumnya saya sudah membeli Suzuki Folkmaster. Nah...satu hari saya mengunjungi sebuah toko buku terkenal di dekat kantor saya. Di situ terdapat stand penjualan alat musik dan olahraga. Tak sengaja saya melihat ada penampakan sebuah harmonika diatonik yang merknya bukan Suzuki. Karena penasaran, saya "khilaf" dan membelinya.....hahahaha....

Ternyata harmonika yang saya lihat itu merk Hohner, tipe Bluesband. Harganya tak jauh beda dengan Suzuki Folkmaster. Sepertinya untuk tipe ini hanya diproduksi kunci C saja. Ketika saya melihat-lihat di internet, ternyata ada perbedaan antara Bluesband yang saya beli dan yang ada di situs-situs harmonika. Hohner Bluesband aslinya dibungkus dengan wadah yang terbuat dari kertas. Asli maksudnya dibuat di Jerman. Tetapi Bluesband yang saya beli, dibungkus dengan wadah plastik warna putih buram hampir transparan. 
Nampaknya, Bluesband milik saya adalah buatan Cina. Entah betul atau tidak, saya sih tak menyesal telah membelinya.

Sedikit membandingkan dengan Suzuki Folkmaster, Hohner Bluesband mempunyai karakter suara yang lebih bulat. Menurut saya Folkmaster suaranya lebih tajam. Satu hal yang membuat saya agak penasaran  dengan Bluesband adalah munculnya suara seperti udara yang bocor, atau ngempos, bersamaan dengan nada yang muncul. Mungkin inikah yang disebut kurang "airtight"? 

Tetapi secara kenyamanan, saya lebih memilih Bluesband. Mengapa? Karena lempengan pelat getar (reedplate) miliknya tertutup rapi oleh cover plate. Sedangkan pada Folkmaster, tepian reedplate-nya dibiarkan terbuka sampai ke pinggir, sehingga terkadang terasa tidak nyaman di bibir.

Pada tahap ini, saya baru dapat membandingkan seputar hal itu saja. Maklum, saat itu saya masih benar-benar pemula. Untuk hal yang lebih rinci, akan saya bahas pada tulisan saya berikutnya.

11 comments:

  1. Om saya pengin beli harmonika, tapi masih bingung harus beli yang Easy Rider atau Hohner Bluesband.. Kira-kira untuk pemula harus beli yang mana untuk kisaran harga di bawah 100rb?
    Tolong juga, om, kasih tau keunggulan dan kekurangan dari dua harmonika tadi.
    Terimakasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hohner Bluesband menurut pengalaman saya punya suara yang agak ngempos (airtightness nya kurang). Kalau Suzuki EasyRider lumayan berat untuk di bending, khususnya untuk pemula yang belum akurat teknik bendingnya. Saya rasa mas Hary bisa mempertimbangkan Suzuki Folkmaster, yang sepertinya harganya tak jauh beda dengan Suzuki EZR.

      Itu kalau budgetnya di bawah 100 ribu ya?

      Btw, terima kasih sudah mau mampir lapak saya..:)

      Salam Sedot Sebul!

      Delete
    2. Jadi, untuk harmonika di bawah 100 ribu pilihannya mengerucut ke Folkmaster sama EasyRider, ya?
      Saya baca di post om tentang EasyRider, di situ om ngebandingin dan ngenilai kalau airtightness EasyRider lebih bagus daripada Folkmaster yang efeknya EZR lebih mudah buat di-bending.

      Kesimpulan yang saya dapat dari post EasyRider sama Folkmaster di blog ini:
      - EZR lebih nyaman karena reed plate "tertanam" secara rapi di dalam comb walau agak keset, volume kurang.
      - Folkmaster volumenya tajam, kurang nyaman, kuningannya kerasa karena reed plate yang dimiliki oleh Folkmaster tidak tertutup penuh oleh cover plate dan comb nya.

      Jadi, lebih bagus mana, nih, om?

      Maaf kebanyakan nanya. Saya tadinya mau beli yang mahalan tapi karna masih belajar dan harganya agak nggak bersahabat sama kantong mahasiswa, saya pikir untuk awal mending pake yang murah aja dulu baru beli yang mahal. :D

      Salam sedot sebul juga, om!

      Delete
    3. Kalau sudah mulai berani nge-jam di muka umum, mendingan pakai Folkmaster yang lebih lantang..soal gampang atau tidaknya di-bending, masih bisa lah diakali menggunakan cara "reed-gapping" seperti yang sudah saya bahas di salah satu artikel di sini...

      EZR menurut saya kalah "nendang" dibanding Folkmaster....

      Kira-kira demikian mas Hary....Hope it helps!

      Salam Sedot Sebul!

      Delete
    4. Sangat membantu sekali, om.
      Makasih banget!
      Maaf juga karena rewel banyak nanya. :D

      Ditunggu artikel terbarunya.

      Salam Sedot Sebul!

      Delete
  2. Replies
    1. Waduh...saya belum pernah beli soalnya..hehehehhe.....
      Mungkin bisa tanya sama mas Robertus Budi Hendrawan di grup PH..beliau pernah covering lagu menggunakan harp itu...di Youtube juga ada..

      Btw, terima kasih sudah mampir...

      Salam Sedot Sebul!

      Delete
  3. punya link jual hohner bluesband gk om?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sayangnya saya nggak punya mas Hermawan...:(
      Dulu saya nemu di gerai MG yang ada di toko buku Gramedia. Cuma sekarang saya nggak pernah lagi melihatnya dijual bebas.
      Mungkin di toko musik yang selain MG ada....saya juga kurang tahu...
      Maaf ya mas belum bisa membantu.
      Terima kasih sudah mampir...

      Salam Sedot Sebul!

      Delete
  4. Saya mau beli harmonica merk hohner yg buatan amerika tuh ada gak sih pa ?

    ReplyDelete
  5. 087880395253 /0818210782,ready. BLUES HARP B, G, F, D masih sangat bagus lengkap. Germany hohner.

    ReplyDelete