Wednesday, April 9, 2014

3rd Position!!! (Posisi Bermain Harmonika Diatonik)

Ah, satu kelegaan lagi muncul, karena akhirnya saya bisa kembali membuat satu video tutorial mengenai salah satu posisi dalam bermain harmonika diatonik.

Kali ini saya ingin berbagi mengenai posisi ke 3 (Third Position), atau  disebut posisi "Slant Harp". Dengan posisi ini kita akan mendapatkan susunan tangga nada minor, yang juga dikenal dengan nama "Dorian mode".
Pada posisi ini, root note atau nada dasarnya bisa didapat dari lubang 1 sedot, lubang 4 sedot atau lubang 8 sedot. Apabila kita menggunakan harmonika diatonik kunci C, maka ketika kita menggunakan posisi ke tiga ini, artinya kita bermain dalam nada dasar Dm (karena tangga nadanya minor). Posisi ke tiga memang sangat tepat digunakan untuk memainkan lagu-lagu minor, bahkan "Blues" pun bisa.

Nah, tanpa banyak ucap, silakan simak video tutorial berikut ini. Mohon maaf bila ada kesalahan-kesalahan yang terjadi, dan kiranya video ini bisa membantu teman-teman sekalian yang ingin belajar mengenai posisi SlantHarp tersebut.



*O iya, sebagai contoh penggunaan posisi ke Tiga ini, silakan simak salah satu video yang sudah pernah saya buat sebelumnya :

Baiklah, selamat mencoba!

Salam Sedot Sebul!

4 comments:

  1. Replies
    1. Terima kasih mas Fikri....
      Terima kasih juga sudah bersedia mampir di sini...
      Semoga blog ini berguna buat teman-teman yang sedang mempelajari cara bermain harmonika...

      Salam Sedot Sebul!

      Delete
  2. Assalamu'alaikum kang!!
    Salam Sedot Sebul..!!!
    Boleh ksh masukan kang??
    Bikin tutorial lagu indonesia donk yg mainnya dari nada dasar Dm, bserta uraiannya satu persatu..
    biar belajarnya bs lbh smngat lg krna konsep yg diajarkan lgsg trjun ke sebuah instrumen bukan dari latar belakang konsep materi baku.. karena dalam belajar bisa lebih efektif apabila lgsg mngalami proses blajar itu sndri..
    terima kasih.. hatur nuhun kang!! ^_^

    ReplyDelete
  3. Ayo bergabung sekarang juga bersama kami ^_^
    Deposit yang sangat ringan cukup 50rb saja
    Anda sudah bisa bergabung bersama Fans^^83771nG $$

    ReplyDelete